Adsense

Senin, 28 November 2011

40M SDR TRANSCEIVER, BAGIAN 1

Gambar. IQ Demodulator/Modulator

KONSEP :
Sepulang dari Solo Hamfest 2011, saya berpikir untuk mewujudkan sebuah SDR transceiver yang bekerja pada band 40M yang "mudah dibuat", "komponen lokal", "murah", dan "bagus". Dua kata yang terakhir rasanya bertolak belakang.


Gambar. RF PA Amplifier 5W.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam mendesign-nya.
  1. Menggunakan diode modulator/demodulator homebrew (2x 1N4148) untuk menggantikan Tayloe detector (QSD). Sebelumnya saya menggunakan MIQA buatan Minicircuits sebagai QSD.
  2. Menggunakan LO 90 degree phase shift network sederhana untuk menggantikan 90 degree phase shift divider yang membutuhkan kristal yang bekerja 4x dari frewkensi kerja dan IC pembagi 74HC74.
  3. Menggunakan VFO yang bekerja pada 7.050-7.150Mhz, sehingga bisa mengcover band kerja dari 7.00-7.20Mhz. VFO ini untuk menggantikan kristal oscillator. VFO ini akan "dikunci" pada frekwensi tertentu, katakanlah 7.050Mhz.
  4. Menggunakan audio baseband yang cocok digunakan dengan diode demodulator. Sirkit sederhana ini (didesign oleh Wes Hayward, W7ZOI) mempunyai kemampuan tinggi, karena mempunyai impedansi input rendah, low noise, serta mampu menangani signal dari 10nV sampai 10mV tanpa distorsi. Sirkit ini menggunakan transistor umum seperti 2N3904, BC109, dan sebagainya, diikuti dengan sebuah IC NE5534 sebagai intermediate amplifier. Total penguatannya sekitar +60db.


10 komentar:

  1. salam kenal pak Indra, saya itok solo, kalau melihat skema 40m sdr transceiver masuk ke komputer lewat sound card bukan usb, mohon koreksi terima kasih

    BalasHapus
  2. Betul Om Itok, koneksi ke komputer hanya lewat soundcard (line-out dan line-in), BUKAN USB. Biar murmer, pakai saja soundcard yang sudah built-in. Lumayan bisa dapat bandspreed sekitar 48Khz (16bit) atau 96Khz (24bit).

    BalasHapus
  3. Wah mantep pak Indra , skemanya menggunakan komponen yg umum dan mudah didapat.
    Mungkin perlu diluncurkan juga versi 80 meter nya......

    BalasHapus
  4. selamat siang pak indra, schemanya mantep sangat membantu bagi teman2 yang experiment SDR ..
    salam dari dimas JG, makasih mixer kemarin di solo...

    BalasHapus
  5. Iya Om Dar, karena kemarin di Solo Hamfest kok malah SDR-nya yang banyak dilihat. Ide ini juga dari Om Dar dan pengalaman menggunakan diode mixer.
    Sama2 Om Dimas. Selamat bereksperiment.

    BalasHapus
  6. Salam pak Indra,apa sudah diproduksi pcb untuk sdr radionya, apa bisa di konversikan ke 80 m.

    BalasHapus
  7. Pak Indra, PCB nya di share dong ..makasih

    BalasHapus
  8. Sabar .... ada perubahan sedikit di design yaitu :
    1. Menambahkan buffer JFet untuk kestabilan frekwensi, dan
    2. Mengganti single balanced de/modulator menjadi double balanced de/modulator.
    Perubahan ini hanya menambah sedikit komponen, tetapi sangat signifikan di hasilnya, terutama kestabilan frekwensi dan sensitifitas signal-nya, serta memudahkan proses adjustment-nya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Halo Pak Indra, saya angga dari bandung.. mau tanya pak.. apakah bapak produksi kit nya.. saya mau coba belajar heheey.. nuhun

    BalasHapus
  10. OM Indra, maaf banget nih... Izin yaaa aku muat di sini : http://amatirindo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=323:40m-sdr-transceiver-bagian-1&catid=51:teknik&Itemid=41

    kita ketemu di Pangandaran InsyaAllah yaaa...:)

    BalasHapus