Adsense

Sabtu, 23 Juli 2016

Menambah mode AM dan CW pada SSB Transceiver Homebrew

Jika saya merilis kit-kit transceiver, pasti ada saja yang menanyakan apakah bisa bekerja pada mode AM.
Mode AM di bandplan ORARI hanya diperbolehkan bekerja pada band 3560-3570 Khz (?) untuk lisensi Siaga. Mode AM bisa dimonitor pada SSB receiver, tetapi tidak sebaliknya.
Sinyal AM terdiri dari Carrier, LSB, dan USB yang akan dikirim bersamaan sehingga membutuhkan power RF yang lebih besar (8x) dibandingkan mode SSB.
Kalau sudah seneng dg AM, mau apalagi?!
Gambar skema di bawah adalah skema untuk menambah mode AM (TX & TRX) untuk perangkat ssb transceiver homebrew yang menggunakan modulator diode BUKAN modulator aktif.




AM generator yang dipake menggunakan low level modulation dengan cara membocorkan carrier (yang seharusnya ditekan pada mode SSB) sampai 25-30% dari peak power.
Gambar A hanya menambahkan modulator AM pada TX, sedangkan penerimaan masih menggunakan product detector.
Gambar B, menambahkan modulator AM sekaligus detektor AM dan membutuhkan relay untuk saklar sekali jalan atau bisa juga menggunakan saklar togle 2 induk.
Prinsip kerja, jika port IF diberi tegangan 0-0.7V (tergantung diode yang digunakan), maka BFO akan bocor sesuai dengan tegangan yang dimasukan, carrier bocor yang disarankan sekitar 25-30% dari sinyal puncak (peak power).

Cara men-test-nya, jika PA linear anda misalnya 50W, maka sinyal tanpa modulasi (AM mode) diatur sampai keluar 12.5-15W pada power meter dengan memutar trimpot VR. Jangan mengatur carrier tanpa modulasi lebih dari 30%, karena akan menaikkan rata-rata daya sebesar 30% juga. Jadi siapkan tambahan kipas pendingin atau perbesar heatsink. Jangan lupa, PA linear harus bekerja minimal pada klas AB.

Pada AM generator dengan low level modulation, agak sulit dicape 100%, kecuali anda menggunakan cara2 konvensional seperti modulator seri, PWM modulator atau AM modulator summing. AM Modulator summing, adalah sistem low level modulation juga, tetapi membutuhkan rangkaian yang lenih panjang.
Anda juga bisa menambahkan lagi mode CW A1 (carrier) yang skemanya bisa dilihat pada gambar sebelahnya.

Jreeng, sekarang SSB Transceiver anda punya 2 mode transmisi tambahan AM & CW.
Biaya modifikasi kurang dari 20 ribu, sudah termasuk relay..
Selamat mencoba



Referensi : 
- http://www.qsl.net/va3iul/RF%20Mixers/RF_Mixers.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar