Adsense

Minggu, 23 Januari 2011

SIMPLE 1W 80M SSB TRANSCEIVER PROTOTYPE



Diskripsi :
Mencoba untuk merancang dan membuat perangkat ssb transceiver di band 80M yang sederhana dan berbiaya murah adalah tantangan besar. Kenapa di band 80M, karena komunitas terbanyak pengguna homebrew SSB di Indonesia ada di band ini (?).
Tantangan terbesar adalah "biaya, kompak, dan mudah dirakit". Dengan perhitungan sederhana, diharapkan biaya tak lebih dari 300ribu (sudah termasuk kotak). Ukuran PCB kecil, tidak lebih dari 100cm2. Untuk kemudahan merakit, koil-koil yang sering muncul di IF dibuang, BPF menggunakan koil yang banyak dijual seperti trafo IF 10.7Mhz, menggunakan switching diode (1N4007), menggunakan diode 1N60 sebagai demodulator/modulator, serta BFO yang bekerja di 455Khz. Demi "rancangan yg kompak", feature AGC terpaksa dibuang.
PA linear menggunakan 4 tingkat (low gain dan broadband), sangat mudah dibuat oleh seorang pemula.
Untuk rancangan ini, kristal filter diganti dengan ceramic filter (CF), dengan harapan akan mudah dicari di banyak tempat dan mudah dibuat dengan 455Khz ceramic resonator. Untuk sementara, saya menggunakan 4 buah ceramic filter CFUM455G dari Murata (kebetulan ada di junkbox). CFUM455G sering digunakan di AM receiver dan mempunyai bandwidth sekitar 4.5Khz (-6db) dan impedansi sekitar 2 kohm. Dengan menggunakan 4 buah CF yang diseri, diharapkan BW akan turun menjadi 3.0Khz. CF yang digunakan oleh Om Lutfi YC3LSB, juga bisa digunakan.
Yang "agak sulit" diganti adalah mixer depan receiver dan transmitter, saya "terpaksa" masih menggunakan sebuah NE602 (sebagai mixer receiver dan transmitter) dengan beberapa alasan, seperti :
- NE/SA602 hanya membutuhkan komponen sedikit sebagai bilateral mixer dan lokal oscilator (LO)
- Hanya membutuhkan arus 2mA untuk bekerja sebagai mixer dan LO
- Harganya memang cukup mahal (US$2) dan sulit dicari, tetapi kemampuannya di atas mixer aktif yang ada.
Karena "harus menggunakan komponen yang ada", awalnya saya menggunakan TA7358, tetapi IC ini tidak bisa sebagai bilateral mixer serta memakan tempat yang cukup luas. Menggunakan mixer transistor merupakan cara yg sederhana, tetapi VFO harus dibuat tersendiri.
Sebagai penguat IF, saya masih menggunakan NE592(philips) atau TL592 (TI), karena harganya cukup murah (6ribu di Glodok). Karakteristiknya sama dengan MC1350 hanya tidak mempunyai input AGC (pengaturan gain). NE592 bisa di atur penguatannya dari 4-500x hanya dengan sebuah resistor.
NE/SA602 juga digunakan sebagai lokal oscilator (LO, series tuned colpitt) menggunakan koil asilator MW (warna merah) yang akan bekerja pada frek 4.15-4.35Mhz. Kestabilannya cukup baik (short drift=300Hz, dan long drift= 20Hz).

Summary :
- Ukuran PCB-nya cukup kecil, yaitu cuma 6.5cm x 13cm.
- Mode LSB pada 80M band
- RF output sekitar 1-1.5W, cukup kuat untuk mendorong mosfet HF PA linear sampai 30W
- Biaya maksimal 300ribu (sudah termasuk kotak)
- Kategori perakit : pemula - mahir

Terima kasih kepada Om Lutfi, Om Cholis, dan rekan2 di milist QRP-Indonesia@yahoo.com atas saran-sarannya.

8 komentar:

  1. OM saya pernah menjumpai skema seperti ini http://obrazki.elektroda.net/6_1259599393.jpg ,simpel sepertinya masuk akal tp belum sempat nyoba.bagaimana menurut OM Indra.tks.sutrisno

    BalasHapus
  2. Pak Sutrisno, banyak sekali skema yang beredar di internet dan bagus semua. Tinggal "keberanian" untuk memulai. Jika tidak, cuma mimpi saja menjadi homebrewer.

    BalasHapus
  3. Om indra untuk merakit rangkaian ini untuk tingkat pemula tingkat keberasilannya brp om?

    BalasHapus
  4. Om Agung : Pelajari dulu konsep dan detail rangkaiannya, baru merakit. Teliti, telaten, double check, dan double check adalah modal utama untuk berhasil merakit. Just do it.

    BalasHapus
  5. kesulitan membuat pcb nya tolong kitnya harga berapa dan pembayarannya bagaimana yd 2 rlp banyumas (Agus Windargo )

    BalasHapus
  6. Pingin beli gimana caranya?

    BalasHapus
  7. toek dapatkan PCB dan kit lengkapnya gmn gan ?

    BalasHapus
  8. pcb nya bos pingin buat.... trim....

    BalasHapus