Adsense

Minggu, 27 Februari 2011

80M AM TRANSCEIVER


Tahun 2007, di milis orarinews@yahoogroups.com, Om Agus YB0DJH melemparkan ide perlunya mode AM dihidupkan kembali, agar para experimenter baru atau lama bisa muncul kembali. Banyak timbul pro dan kontra, termasuk memperkecil daya maupun mempersempit alokasi frekwensi untuk mode AM. Dengan KEP-065/OP/KU/2009, frekwensi 3.550-3.560 Mhz bisa digunakan untuk mode AM.
Kualitas audio dari pemancar AM tetap lebih bagus dibandingkan mode2 lainnya (kecuali mode FM). Regchewing dengan mode AM sangat mengasyikan. Audionya sangat natural.
Banyak sekali skema-skema SSB dan CW transceiver, tetapi sangat jarang yang mendesign AM transceiver.

Dengan beberapa komponen yang ada di junkbox, jadilah 80M AM transceiver, dengan spesifikasi sbb :
- Mode AM (series modulator), tanpa trafo
- Frekwensi kerja 3.500-3.600 Mhz
- RF power 10W
- DC Power 16-18V
- Diode mixer,
- Ukuran PCB 10cm x 17cm
- IF 455Khz dengan filter CFX455B
- Menggunakan Hifi AM detector

Reference : G3YNH, Free Radio TX


-----

10 komentar:

  1. bagus OM rancanganya simple.pecinta AM jarang yang pake transceiver karena sudah punya penerimanya OM berupa radio am biasa yang ada band SW nya jadi hanya tinggal rakit pemancarnya saja.saya msaih sering dengar mereka mengudara di skitar 3.5mhz dan 4.1mhz.

    BalasHapus
  2. desain ini pasti menjadi "the most wanted" pak, teman-teman solo minggu lalu minta dicarikan desain am trx yang tdk pake trafo modulator.Akhirnya pak Indra menjawab.Terima kasih dan salam.

    73
    de
    Amin W. YD2MJR

    BalasHapus
  3. Om Amin, design ini hanya cocok untuk QRP (<10W, atau 20-25W PP), karena modulatornya harus bekerja pada kelas A. Kapan ke Jakarta lagi?

    BalasHapus
  4. wah pencerahaan baru bagi penggemar am senjati om indra dan sekaligus tambah wawasan bagi amateur 80 m band dan memang radio rakyat untuk 80 m band, salam odol solokota

    BalasHapus
  5. Pak Indra, apa ini juga ada KITnya? soalnya di daerah saya susah nyari komponennya.

    Regards

    BalasHapus
  6. Wah mantap skema transceiver AM nya ,RX nya Hifi , TX nya tanpa trafo modulasi . Untuk power besar saya kira bisa dikembangkan dengan modulasi PWM.
    Salam,
    Paimo

    BalasHapus
  7. Om Blekok oke deh, Ada lagi ngga yang lain kaya Om Blekok Di Indonesia ? Om Emprittt Nih....

    BalasHapus
  8. Salam kenal om blekok, dengan adanya blog seperti ini mangkin menghangatkan kembali frekwesi 80 mter band oce dech agustomank.wordpress.com

    BalasHapus
  9. salam hormat om , apa kit ini sudah diproduksi ? saya tertarik sekali ..THX

    BalasHapus
  10. bos kalo pcb nya msh punya aku mau donk, berapa harganya?langsung hubungi saya di 081913034022 mhon d sms aja karena jarang di bwa krja,

    BalasHapus