Adsense

Minggu, 27 Februari 2011

Alternatif Trafo Modulator untuk Pemancar AM


Sampai pertengahan 80'an, mode AM masih mendominasi komunikasi radio di band 80M. Pemancar AM mudah dibuat, dan sangat sesuai bagi pemula yang ingin mendalami teknik-teknik komunikasi radio.
Dengan diberlakukannya KEP-065/OP/KU/2009, maka mode AM sudah bisa digunakan kembali oleh tingkat Siaga. Alokasinya di frekwensi 3.550-3.560 Mhz (10khz???), dengan bandwidth audio tidak lebih dari 6Khz.
Cara yang paling mudah untuk membuat mode AM, adalah menggunakan trafo modulator (series modulator). Dulu sangat mudah mencari trafo OT426 dari kapasitas 10W sampai 100W. Tetapi sekarang jantung dari pemancar AM tersebut sudah sulit dicari.
Alternatifnya? menggunakan trafo yang ada dipasaran? ya, trafo power supply ......

Alternatif model 1 : Menggunakan 1 buah trafo power supply dg sekunder yang identik.
Trafo power supply yang digunakan harus mempunyai dua sekunder yang identik, misal 0-12V, 0-18V, dst. Jika transistor final mengambil arus sebesar 1A dengan tegangan 12V, maka trafo power supply yang digunakan juga harus mempunyai sekunder dengan arus 1.5x 1A = 1.5A dan tegangan 12V. Multiplier 1.5x, karena asumsi tambahan power modulator sebesar 1/2 dari power yang dibutuhkan oleh transistor final pemancar. Kapasitor sebesar 10000uF, digunakan untuk proteksi amplifier terhadap arus liar. HATI-HATI dengan bagian primer-nya (0-110-220), nyetrum....

Alternatif model 2 : Menggunakan 2 buah trafo power supply.
Jika anda kesulitan mencari trafo dengan sekunder yang identik, anda bisa menggunakan 2 buah trafo yang primernya (0-220V) saling dihubungkan. Sekunder yang satu dihubungkan dengan dengan transistor final, sekunder lainnya dengan modulator. HATI-HATI dengan bagian primer-nya (0-110-220), nyetrum....

Alternatif model 3 : Menggunakan 2 buah trafo power supply yang terpisah jauh.
Terkadang kita memerlukan pemisahan bagian pemancar-nya dengan audio, dengan 2 buah trafo, tidak menjadi masalah, tinggal dihubungkan dengan kabel twinpair. Dengan cara seperti ini, pemancar bisa terpisah dengan audio modulator dari 10m-100m, tanpa takut kehilangan daya di audio amplifier-nya. HATI-HATI dengan bagian primer-nya (0-110-220), nyetrum....

Menggunakan trafo modulator, adalah cara pembangkitan mode AM yang paling mudah dibuat (bagi pemula sekalipun). Jenis series modulator lainnya adalah menggunakan transistor (bukan trafo). Series modulator hanya cocok digunakan untuk power rendah.

Cara2 pembangkitan AM selain di atas adalah menggunakan PWM (pulse width modulation), PDM (pulse duration modulation), dan sebagainya. Prinsipnya, audio dimasukan kedalam PWN/PDM, sehingga output tegangan akan bergerak dari 1/2 Vcc ke Vcc yang sinkron dengan amplitudo audio (linear). Keduanya biasa digunakan sebagai modulator untuk pemancar AM berdaya besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar