Adsense

Selasa, 19 Juli 2016

BlekokQRP High Performance IF Subsystem for HF Transceiver.

Merancang SSB transceiver menggunakan sedikit komponen tetapi mempunyai banyak fitur memang tidak mudah, memerlukan banyak eksperimemt dan memahami karakter dan fungsi2 komponen dalam rangkaian.
Rangkaian di bawah adalah rangkaian minimalis untuk IF stage dengan banyak fitur untuk mode SSB.
Receiver :
Jantung dari rangkaian RX IF stage adalah 2x TL592B yang mempunyai noise figure lebih baik dibandingkan NE592 maupun MC1350, hanya tidak mempunyai AGC control. Disini AGC control menggunakan variable diode attenuator menggunakan diode pin HSMP-3830 dari Agilent atau 1N4007 yang karakteristiknya mirip pin diode switch. AGC synamic-nya sampai 5-100db dengan AGC Line 2V-9V. Total gain sekitar 90db 
Pengaturan RX IF stage meliputi, AGC off switch, RX mute sw, IF Gain, AGC Threshold, dan S-Meter.
Transmitter :
Agar audio lebih menonjol, RF Clipping processor ditambahkan untuk meningkatkan average power (talk power) sampai +6db. Clipping Adjusment untuk mengatur titik potong tegangan output TL592B.
Mixer M1 TFM-335 (high dynamic mixer) mempunyai IP3 sebesar +24dbm, dan masih bekerja linear sampai input RF 200mW di RF port. RF amplifier tidak diperlukan. 
Jika memerlukan RF amplifier gunakan gain < +10db dan bisa diswitched. Penambahan rangkaian ATTenuator bisa meningkatkan range dinamika dari receiver.
M1 bisa menggunakan diode mixer lain seperti SBL-1, ADE-1.

1 komentar: