Adsense

Kamis, 12 Januari 2017

BITX RF SPEECH CLIPPING PROCESSOR

BITX RF SPEECH CLIPPING PROCESSOR Pada waktu saya me-release RF speech processor untuk hand mic MH-36 (Yaesu FT817, FT857, FT897, dll), ada pengguna BITX yang bertanya, apakah bisa dipasang pada pesawat BITX. Saya menjawab: "Tentu saja BISA", tetapi saya balik bertanya? "Kenapa tidak mengubah BITX supaya bisa mempunyai fitur RF speech processor?". 

Ternyata masih banyak yang bingung membedakan 
 1. Audio Speech Processor, dan 
 2. RF Speech processor 

Kebanyakan hanya memahami item pertama, jarang sekali yang mengerti item kedua. 
"Cara" pengolahan sinyal kedua processor tersebut sama, biasanya dengan AGC, ALC, maupun clipper (diode maupun transitor. Fungsi keduanya adalah untuk meningkatkan Average power atau daya rata dari sebuah transmitter, BUKAN meningkatkan peak power (daya puncak). Biasanya daya rata2 perangkat kurang dari 25% dari daya puncak, kecuali kita teriak atau bersiul. Peningkatan sinyal di spektrum audio maksimal hanya 3db (2x), tetapi di spektrum RF bisa sampai 8db (6x). 

Kenapa rf clipping speech processor lebih superior? Karena pemotongan sinyal dilakukan pada rf carrier BUKAN pada audio-nya, walaupun sinyal carriernya dipotong dan mengasilkan sinyal harmonik, tetapi sinyal harmonik ini akan ditekan oleh filter kedua, dan tidak merusak kualitas audio. 

Hampir semua HF transceiver pabtikan mempunyai audio speech processor, tetapi RF speech clipping processor hanya ditemui pada radio2 kelas high end. 

Di bawah adalah rangkaian sederhana untuk meningkatkan daya rata2 BITX transceiver sampai +8db (1S), cukup lumayan, tanpa harus mengubah PA linear. 





Rangkaiannya terdiri dari : 
- Xtal filter 8Mhz (untuk BITX dengan IF 8Mhz), dengan matching impedansi 50 ke 200 ohm 
- penguat RF +25db, dan gain adjustment 
- Diode Clipper, dan clipping adjustment. 
- Relay on/off untuk mematikan RF SPeech Clipping 

Dalam gambar skema BITX, pemasangan modul ini cukup sederhana, anda hanya memotong kapasitor di input penguat balanced modulator dan hubungkan dengan rangkaian RF speech clipping. 

Untuk menhidup-matikan processor, menggunakan saklar yang mengubungkan relay dengan catu daya 12V. 

Agar xtal filter di modul rf speech clipping processor identik dengan filter utama di BITX, sebaiknya mencari 8x xtal yang seragam, agar bisa dibuat 2 buah xtal filter. 

Karena modulnya cukup kecil, anda bisa menyisipkan di atas pcb BITX. Anda juga bisa memasang rangkaian ini pada BIXEN, maupun SSB transceiver lainnya dengan impedansi jalur 50-100 ohm, dan menggunakan xtal filter yang sama. 

 Skema dan pcb layout bisa di download pada http://s000.tinyupload.com/?file_id=87793442361863914428 (matikan IDM). 

Mudah2an cukup membantu temen2 BITX'er. 

PERHATIAN, peningkatan daya rata2 sampai 8db (6x) juga akan meningkatkan konsumsi arus secara tajam. Jangan lupa gunakan PSU dengan arus yang mencukupi dan gunakan heatsink untuk transistor final yang cukup besar. 

Referensi : - http://forums.qrz.com/index.php… 
- http://www.jessystems.com/SSB%20Transceiver%20part%201.pdf 
- http://www.jessystems.com/SSB%20Transceiver%20Part%202.pdf 
- http://blekokqrp.blogspot.co.id/…/rf-clipping-speech-proces… 
- http://blekokqrp.blogspot.co.id/…/rf-speech-procesor-for-ss… 
- http://www.eham.net/reviews/detail/2732 
- https://pa0fri.home.xs4all.nl/…/DSBclip…/dsb-clipper.eng.htm 
- http://www.hayseed.net/…/…/IC-7000/Modulation_Processing.pdf 
- http://www.eham.net/ehamforum/smf/index.php?topic=69092.0

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar